Pulang Pahawang di Lampung

♠ Posted by Unknown at 23.58

Terlepas dari kesibukan kota Jakarta di hari kerja, Anda dapat berkunjung ke sebuah tempat yang tidak jauh dari Ibukota. Pulau Pahawang di Provinsi Lampung bisa Anda kunjungi selama liburan akhir pekan.

Kami berangkat dari Jakarta hari Jumat pukul 21.00 WIB dan tiba di pelabuhan Ketapang pada Sabtu pagi. Kami naik perahu tradisional menuju Pulau Pahawang. Waktu tempuh dari pelabuhan ketapang ke tempat pertama cukup lama, sekitar 3 jam.

Perjalanan ini terbayarkan ketika kami menyelami keindahan laut. Tempat snorkeling di sini sangat bagus. Beraneka terumbu karang dan biota laut, termasuk anemon laut dan ikan badut.

Setelah snorkeling, kami mengunjungi Pulau Balak yang masih perawan. Pasir putih dengan gradasi warna biru laut yang menakjubkan. Kami menginap di Pulau Pahawang besar. Pulau Pahawang besar ini hanya ada hutan dan tanaman bakau.

Sore hari, kami menuju Pulau Pahawang kecil untuk snorkeling menikmati sunset. Jika air sedang surut, maka akan terlihat semacam jalan yang menghubungkan Pulau Pahawang kecil ini dengan Pulau Pahawang besar.

Setelah menikmati sunset, kami kembali ke penginapan dan disuguhkan ikan bakar sebagai makan malam. Sebagai tambahan, sambal lampung ini entah kenapa selalu maknyus dan pedasnya mantap!

Minggu pagi kami mengunjungi pulau Unik. Pulau ini juga mempunyai pasir putih dan laut gradasi biru. Tapi sayang sudah agak kotor, dan kebetulan ada pengunjung lain sehingga agak ramai.

Selanjutnya kami menuju Pulau Kelagian. Saya lebih suka pulau ini karena lebih bersih. Mungkin karena ini adalah barak TNI AL. Konon pulau ini sering dikunjungi lumba-lumba karena banyak tentara yang memberi mereka makan. Akan tetapi sekarang sudah jarang, karena pulau ini sudah tidak dihuni lagi. Semoga lumba-lumba itu bisa ke sana lagi.