Berlibur Aman dari Serangan Teror

♠ Posted by Unknown at 00.49

Begini Berlibur yang Aman dari Serangan Teror
PRANCIS dan Mali adalah dua dari beberapa tempat yang mengalami serangan teror. Bagaimana bepergian negara yang aman?
Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk berlibur aman di tempat yang dibayangi teror. Anda bisa mencari informasi hingga tetap terhubung dengan kerabat dan pihak keamanan terkait.
Berikut empat tips berlibur ke negeri yang dibayangi teror dikutip Huffingtonpost, Senin (23/11/2015):
Cari informasi
Carilah informasi ke kementerian dan lembaga terkait yang mengeluarkan peringatan terbaru. Dalam hal ini, Kementerian Luar Negeri biasanya memberikan travel warning untuk warga yang ingin pergi ke negara yang berbahaya.
Jika peringatan itu masih ada, tundalah perjalanan Anda untuk sementara waktu. Namun jika telah dicabut, Anda bisa pergi. Anda juga bisa mencari informasi tersebut melalui media informasi lainnya dari media sosial.
Berpikir kritis
Berpikirlah plus dan minus pada rencana perjalanan Anda ke tempat yang berbahaya dan memungkinkan terjadinya risiko buruk.
Media bisa saja melebih-lebihkan soal hal buruk, tetapi Anda harus bisa berpikir kritis dan melihat apakah sebetulnya perjalanan ke negara tersebut seburuk itu? Jika setelah benar-benar dipikirkan sisi positifnya lebih banyak dari sisi negatif, Anda bisa pergi. Anda harus berpikir secara realistis agar tidak terkungkung dalam rasa takut.
Percaya pada keberanian Anda
Rasa takut untuk travelling ke negara yang baru saja terkena teror adalah hal yang wajar. Tapi percayalah pada keberanian Anda sendiri. Setelah teror, biasanya suatu negara akan semakin memperketat keamanannya.
Cari fakta dari berbagai sumber di media. Pada akhirnya, ini tergantung pada keputusan Anda. Jika Anda yakin semuanya akan aman, Anda bisa melanjutkan rencana perjalanan. Tapi jika Anda tidak yakin, Anda bisa menundanya.
Tetap terhubung dengan orang lain
Selama berada di negara yang berbahaya, berusahalah untuk tetap bisa terhubung dengan keluarga, kerabat, maupun lembaga keamanan terkait. Pastikan email dan ponsel Anda selalu aktif untuk bisa terhubung dengan pihak lainnya. Anda juga harus berhati-hati.
Hindari berjalan di jalanan kosong pada malam hari dan jangan mudah percaya pada sembarang orang.

0 komentar:

Posting Komentar